Beranda | Artikel
Pentingnya Pendidikan dalam Islam - Muqaddimah dari Talkshow Mahad Ihya As-Sunnah Tasikmalaya (Ustadz Abu Qatadah)
Sabtu, 6 Desember 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Qatadah

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Qatadah

Ringkasan Ceramah Agama: Pentingnya Pendidikan dalam Islam

Sesungguhnya pendidikan di dalam Islam tidak terbatas pada pendidikan anak. Akan tetapi, pendidikan di dalam Islam adalah kebutuhan seluruh manusia. Dengan itu, Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus para Nabi dan Rasul serta menurunkan kitab-kitabNya, salah satu tujuan utama dan pokoknya adalah mendidik manusia.

Dan kita pun mengetahui salah satu nama Allah adalah Ar-Rabb. Dan di antara bagian dari tauhid yang dipahami dan diajarkan oleh Ahlus Sunnah adalah tauhid Rububiyyah, tauhid Uluhiyyah, dan tauhid Asma wa Shifat. Merupakan kesempurnaan Allah Ta’ala sebagai Rabb, pengatur, pencipta, dan pemilik alam semesta ini, yang menciptakan, memiliki, dan mengatur kita semua, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan bagi manusia itu peraturan / hukum. Dan agar manusia ini melaksanakan hukum Allah dan mentaati Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka Allah mengutus para Nabi dan Rasul, yang tujuan diutusnya para Nabi dan Rasul adalah (untuk) mengajari / membimbing manusia ini ke jalan yang benar.

Dengan itu, Allah berfirman:

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ (الصف: ٩)

“Dia-lah yang mengutus RasulNya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang musyrik membenci.” (QS Ash-Shaff [61]: 9)

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولاً مِّنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِن كَانُوا مِن قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُّبِينٍ (الجمعة: ٢)

Mari simak seluk-beluk nan ringkas tentang pentingnya pendidikan dalam Islam yang diuraikan secara ilmiah dan insya Allah penuh manfaat. Tunggu apa lagi, downlaod ceramah ini sekarang juga!

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu Qatadah – Pentingnya Pendidikan dalam Islam

Mari menambah amal kebaikan kita di sisi Allah dengan turut menyebarkan / share kebaikan ini ke Facebook, Twitter, dan Google+.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/10030-pentingnya-pendidikan-dalam-islam-ustadz-abu-qatadah/